Makalah Tentang Manajemen Blog
I.
PENDAHULUAN
Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang teknologi informasi yang
berkembang saat ini, salah satunya adalah blog yang merupakan salah satu situs
di internet.Padahal, blog telah menjadi media alternatif yang semakin populer
di internet. Blog tidak hanya digunakan sebagai buku harian, namun telah
diterapkan untuk periklanan, berita, media informasi.[1] Adapula yang
menggunakannya sebagai media Bisnis, Seni, Film, dan lain sebagainya, tergantung
pada yang menggunakannya. Dalam hal ini blog sebagai aplikasi web bisa sangat
luas artinya dan sangat luas juga fungsinya.
Blog adalah singkatan dari weblog. Blog yakni jenis situs web yang
dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak
(software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna,dengan ruang
untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik
untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.[2]
II.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa pengertian manajemen blog?
2.
Apa saja manfaat dari manajemen blog?
3.
Siapa yang menjadi sasaran dalam manajemen blog?
4.
Apa saja fungsi dari manajemen blog?
5.
Bagaimana memanajemen blog?
III.
PEMBAHASAN
1.
Pengertian
Manajemen dilihat dari bahasanya berasal dari bahasa Inggris management.
Semula bahasa Italia manaj(iare), bersumber dari bahasa latin mamis,
artinya tangan. Management atau Manaj(iare), berarti memimpin,
membimbing dan mengatur. Sedangkan, definisi menurut Henry Fayol mengenai
manajemen ialah proses menginterpretasikan, mengkoordinasikan sumber daya,
sumber dana dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai tujuan dan sasaran melalui
tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan dan
penilaian.[3]
Blog adalah bentuk aplikasi web. Pada dasarnya merupakan bagian
dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama
yakni memuat tulisan-tulisan, video, musik dan gambar (dimuat dalam posting)
pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian
lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.[4]
Dalam hal ini, dapat disimpulkan manajemen blog merupakan
pengaturan atau pengelolaan terhadap karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna
blog yang di publikasikan secara online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk
mengajak publik untuk membaca maupun membeli produk yang di tampilkan dan
memberikan umpan balik sebagai komentar.
2.
Manfaat
Berikut ini adalah macam-macam manfaat yang dapat diperoleh dalam
manajemen blog, yakni;
1.
Membantu untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih
sistematis, rasional, dan efektif.
2.
Mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh.
3.
Memudahkan kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri,
karangan maupun produk.[5]
4.
Melatih dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger.
3.
Sasaran
Terkait dengan manajemen blog sasaran yang dituju adalah pengunjung
blog. Karena, dengan hal itu dapat diketahui seberapa populer, seberapa
bermanfaat dan seberapa peminatnya, blog yang telah Anda buat untuk para
pengunjung blog atau pengguna internet.
4.
Fungsi
Berikut ini adalah fungsinya;
1.
Perencanaan (Planning)
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi
kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang
tepat untuk mewujudkan target dan tujuan, menetapkan tujuan dan target, merumuskan
strategi untuk mencapai tujuan dan target, serta menentukan sumber-sumber daya
yang diperlukan.
2.
Mendesain
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah
dirumuskan dalam perencanaan kemudian didesain sebaik mungkin yangmana
bertujuan untuk menarik pengunjung dan juga tentunya bermanfaat.
3.
Pengawasan (Controling) dan Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian yang telah
direncanakan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun
berbagai perubahan terjadi. Kemudian, mengevaluasi keberhasilan dalam
pencapaian tujuan dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan, mengambil
langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan, kesalahan maupun kekurangan
yang mungkin ditemukan,melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai
masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target.
5.
Memanajemen Blog
Berikut ini ada beberapa langkah-langkah dalam memanajemen blog;
1.
Fokus pada tujuan khususnya bagi para pemula membuat blog yakni
bagaimana caranya membuat artikel yang bagus yang bermanfaat dan sering banyak
di cari pengguna di internet. Bukan sekedar memikirkan cara menghasilkan uang
dengan cepat melalui blog.
2.
Topik pembahasan, yakni pilihlah tema yang sesuai dengan skill yang
Anda miliki sehingga, menjadi mudah untuk membuat maupun menyusunnya, tidak
merasa membebankan. Dalam topic pembahasan usahakan untuk tidak membahas
berbagai topik karena, sangat sulit untuk menaikkan sebuah peringkat web Anda
di google.
3.
Memilih tampilan blog (template), buatlah tampilan semenarik
mungkin, dan jangan sampai Anda merubah rubah tampilan blog di saat anda sudah
mulai berjalan membuat artikel, apalagi kalo artikel sudah banyak. Karena akan
berdampak buruk pada peringkat artikel Anda. Tetap fokus pada tujuan dan topik.
4.
Bersifat konsisten, yakni konsisten dan keteraturan dalam membuat
postingan artikel. Jika kita tidak konsisten, google mungkin mengenal situs
kita cuma sekilas saja. Sedangkan, blogger se-dunia itu jumlahnya jutaan. Jadi, Google
akan lebih kenal dengan situs web yang sering konsisten membuat postingan
artikel tersebut. Logikanya di dalam suatu pekerjaan dalam bekerja di
perusahaan, perusahaan tersebut pun butuh beberapa karyawan yang kerjanya
bagus, rajin dan konsisten. Jadi atasan pihak managger perusahaan tempat kita
kerja pun akan lebih kenal dengan kita yang rajin, kerjanya bagus, serta
konsisten dalam bekerja. Intinya begitu jikalau di jabarkan dalam kegiatan
kehidupan sehari hari.
5.
Hiraukan trafik blog bagi pemula, karena berdampak pada semangat
Anda dalam membuat blog. Tetaplah fokus membuat artikel terlebih dahulu, yang
bagus dan berkualitas serta bermanfaat, jangan fikirkan trafik dulu.
IV.
KESIMPULAN
Manajemen blog merupakan pengaturan atau pengelolaan terhadap
karya, bisnis maupun tulisan oleh pengguna blog yang di publikasikan secara
online di dalam blog yangmana, bertujuan untuk mengajak publik untuk membaca
maupun membeli produk yang di tampilkan dan memberikan umpan balik sebagai
komentar. Dalah hal ini terdapat manfaat yang dapat diperoleh yakni; membantu
untuk merancang strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, rasional,
dan efektif; mendapatkan hasil yang maksimal melalui proses yang menyeluruh;
memudahkan kita untuk menyajikan sesuatu, baik karya sendiri, karangan maupun
produk, melatih dan mengembangkan kreativitas dan inovatif seorang blogger.
Sasarannya ialah para pengunjung blog atau pengguna internet.
Kemudian, fungsi dari manajemen blog antara lain; perencanaan (Planning),
desain dan pengawasan (Controling) serta pengendalian. Berikut
ini adalah langkah-langkah dalam memanajemen blog yakni; fokus pada tujuan,
fokus pada satu topik pembahasan, memilih tampilan blog (template)
buatlah tampilan semenarik mungkin, bersifat konsisten juga teratur, dan
terakhir hiraukan trafik blog bagi pemula.
DAFTAR
PUSTAKA
Rachmad Hakim S.Cara Cerdas Mengelola Blog.Media Komputindo.
Gween Solomon,lynne Scrum,Web 2.0 Panduan bagi para pendidik.Jakarta:PT
indekx,2011)
Totok Djurot. Manajemen Penerbitan Pers.2004.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya
http://www.solozine.com/2013/10/apa-itu-blog-sejarah-fungsi-dan-cara.html
(diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)
https://www.sayanda.com/pengertian-manajemen/
(diakses pada tanggal 7 Mei 2017 pukul 10.00 WIB)
[2] Gween Solomon, lynne
Scrum, Web 2.0 Panduan bagi para pendidik (Jakarta : PT indekx, 2011) hlm. 15
Komentar
Posting Komentar